Algoritma Kustom Bluesky Bisa Menjadi Masa Depan Media Sosial

Algoritma media sosial dapat melakukan hal-hal yang luar biasa. Mereka memiliki kekuatan untuk membuat atau menghancurkan karier, memperkuat polarisasi politik (Fb, Twitter), membuat orang melakukan hal-hal bodoh untuk diklik, (YouTube), dan konon mempromosikan cita-cita Komunis Tiongkok kepada anak-anak kita (TikTok, meskipun itu bisa diperdebatkan).

Namun, Bluesky sedang mencoba sesuatu yang berbeda: Anda memilih mereka. Pada 26 Mei, pengembang platform meluncurkan Umpan Saya, sebuah fitur yang memungkinkan orang memutuskan apa yang mereka lihat. Ada 50 feed semacam itu yang tersedia di platform, yang masih dalam mode beta. Pilihan berkisar dari feed yang menampilkan postingan paling populer hingga feed yang mengkhususkan hanya menampilkan kucing, telanjang, cabul, atau gambar boneka komedi situasi Alf.

Ini adalah langkah yang cocok dengan getaran desentralisasi Bluesky. Pada bulan Maret, CEO Jay Graber mengatakan perusahaan akan mengganti “algoritme utama” yang disukai oleh para pesaingnya dengan “‘pasar algoritme’ yang terbuka dan beragam.”

Saat ini, membuat umpan memerlukan beberapa pengetahuan teknis, tetapi pengembang Bluesky Paul Frazee sebelumnya menyatakan bahwa akan lebih mudah bagi pengguna untuk membuat umpan mereka sendiri.

Sebagai pengguna biasa Bluesky yang baru saja mulai mencoba platform ini, ini cukup bagus. Faktanya, hal ini dapat membentuk period baru media sosial di mana pengguna, bukan eksekutif platform, diberdayakan untuk melihat apa yang mereka inginkan. Tidak ingin melihat para fanboy Elon? Anda tidak perlu melakukannya. Ingin melihat setiap tweet populer yang menyebutkan Ok-pop? Anda bisa. “Ini merupakan langkah ke arah yang benar,” kata Noah Giansiracusa, seorang profesor yang meneliti algoritme di Universitas Bentley di Massachusetts. “Kami membutuhkan lebih banyak fleksibilitas dan lebih banyak pilihan pengguna.”

Ini akan sangat berbeda dari tujuan Twitter, di mana semakin sulit untuk menemukan postingan bagus di antara tanda centang biru. Lalu ada pilihan yang ditentukan secara algoritme yang disajikan kepada Anda secara tiba-tiba oleh umpan What’s New Elon Musk yang terus berubah. Pada bulan Januari itu pria pakaian pria; minggu ini adalah AI bros yang bertanya apa yang akan terjadi jika kita membuat karya seni terbaik umat manusia menjadi lebih besar dan juga lebih buruk. Singkatnya, pengalaman Twitter Anda mungkin tidak seperti yang Anda inginkan.

Itulah mengapa kesediaan Bluesky untuk menyerahkan kendali kepada pengguna tampak begitu menyegarkan. “Rasanya seperti perkawinan Reddit dan Twitter, dengan latar belakang Net 3.0 yang terdesentralisasi ini,” kata Jess Maddox, asisten profesor di College of Alabama dan pakar budaya web.

Maddox adalah salah satu pengguna Bluesky yang menambahkan “Gambar Kucing”, yang dijelaskan oleh pembuatnya sebagai “umpan gambar kucing dari seluruh jaringan (terkadang bukan kucing)”, ke umpannya. Dia menyamakannya dengan sesuatu yang mirip dengan menggaruk gatal kucing dengan berlangganan subreddit kucing dan gambar utama kucing.

Maddox menyambut kemampuan untuk memilih rasa Bluesky yang berbeda. Meskipun platform tersebut masih memiliki kesalahan, katanya, kemampuan untuk memilih umpan memberi orang lebih banyak kepemilikan atas apa yang mereka lihat terasa menyegarkan. “Orang-orang bisa menguasai pengalaman mereka sendiri dan memiliki sedikit lebih banyak kendali atas jenis kegilaan yang mereka hadapi.”

New Replace : [randomize]


Posted

in

by