Pemilu Spanyol Mengadu Buruh Melawan Kanan Jauh

Dalam pemilihan tersebut, Sumar dan PSOE kiri-tengah berhadapan dengan Partai Populer, partai sayap kanan tradisional di Spanyol, dan Vox, partai sayap kanan baru yang retorika anti-Muslim dan anti-imigrannya berapi-api—termasuk janji untuk mengusir semua migran tidak berdokumen—dukungannya telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir. Itu adalah ancaman yang akan ditakuti banyak pengendara, karena di Madrid dan Barcelona, ​​​​dua kota terbesar di Spanyol, pengendara sendiri percaya bahwa lebih dari separuh pengiriman makanan dilakukan oleh kurir tanpa hak resmi untuk bekerja, meskipun tidak ada perkiraan resmi.

Vox telah berjanji untuk menghapus Hukum Penunggang jika berkuasa.

Juru bicara Repartidores Unidos Gaviria baru-baru ini muncul dalam wawancara gaya dokumenter dengan pemimpin Vox Santiago Abascal. Gaviria mengatakan Repartidores Unidos independen secara politik tetapi dia sendiri mendukung Vox dalam pemilihan ini. García, anggota UGT, telah berbicara bersama Díaz di acara Sumar.

Jajak pendapat pra-pemilihan sangat ketat, tetapi mereka sedikit mendukung pemerintahan koalisi sayap kanan PP-Vox. Jika itu terjadi, dan mereka membatalkan Hukum Penunggang, itu tidak akan menghapus hak pengendara dengan sekali pukulan.

Putusan Mahkamah Agung 2020 masih akan memiliki kekuatan hukum. Inspektorat Ketenagakerjaan secara teknis independen dari pemerintah, yang berarti dapat mengejar kasus apa pun yang termasuk dalam lingkup hukumnya. Namun, pemerintah memang memiliki pengaruh atas kasus mana yang dianggap penting. “Pemerintah baru dapat memutuskan untuk tidak memprioritaskan ekonomi platform,” kata Todoli. “Itu pasti kemungkinan.”

Jika itu terjadi, posisi Glovo dan Uber Eats pasti akan diperkuat. Perubahan dalam pemerintahan “jelas dapat menguntungkan Glovo,” kata Giles Thorne, kepala penelitian web Eropa di perusahaan penasihat investasi Jeffries. “Glovo akan sangat senang dengan akhir dari Yolanda Díaz.”

Hasil pemilu 23 Juli dapat berdampak pada pekerjaan platform di luar Spanyol. UE sedang menyelesaikan Platform Work Directive-nya, sebuah undang-undang ambisius yang mencoba mengatur semua pekerjaan pada platform tenaga kerja digital, bukan hanya pengendara, di seluruh 27 negara anggota UE. Arahan tersebut berada pada tahap akhir dari perjalanan panjangnya melalui lembaga-lembaga UE, di mana masalah standing ketenagakerjaan telah diperebutkan dengan sengit. Kebetulan Spanyol saat ini memegang jabatan presiden bergilir Dewan UE, badan yang mewakili negara-negara anggota di UE. Oleh karena itu, Spanyol bertanggung jawab untuk menegosiasikan posisi dewan pada Petunjuk Kerja Platform dengan Parlemen Eropa.

Negosiasi secara resmi dimulai pada 11 Juli dan diperkirakan akan sangat sulit. Jika pemerintah Spanyol berubah di akhir bulan, kepresidenan akan berubah dari salah satu hak kerja yang paling mendukung pekerja platform menjadi salah satu yang paling bermusuhan.

Apa pun yang diputuskan di Brussel akan bergema secara international, karena Uni Eropa akan menjadi blok ekonomi besar pertama dalam ekonomi dunia yang memiliki peraturan kerja platform yang komprehensif. Politik Spanyol yang terpecah-pecah mungkin terbukti menentukan dalam membentuk masa depan pekerjaan platform jauh di luar perbatasannya.

Intrik UE atas poin-poin penting dari undang-undang ketenagakerjaan dapat terasa jauh dari kenyataan sehari-hari bagi pengendara yang mencoba bertahan dari gelombang panas. Tapi yang didapat dari standing pekerjaan adalah seperangkat hak yang sangat praktis dalam konteks suhu yang sangat panas: Apakah Anda akan dibayar jika lebih banyak istirahat dari matahari? Apakah Anda akan mendapat bayaran jika Anda sakit karena paparan panas? Apakah perusahaan tempat Anda bekerja secara hukum bertanggung jawab atas kesehatan Anda di tempat kerja?

Pemerintah Spanyol memperkenalkan undang-undang baru pada bulan Mei untuk pekerja luar ruangan dalam cuaca ekstrem, yang mencakup larangan bekerja jika ada peringatan peringatan cuaca resmi. Sementara undang-undang tersebut berlaku untuk pengendara Spanyol, itu tidak berlaku untuk mereka yang ada di Uber Eats dan Glovo yang beroperasi sebagai kontraktor independen.

“Kami memiliki penilaian risiko pekerjaan karena kami adalah karyawan,” kata García tentang orang-orang di gudang bahan makanan Glovo Market miliknya. “Tapi 80 persen pengendara Glovo tidak, dan algoritme tidak peduli jika Anda menderita panas.”

New Replace : [randomize]


Posted

in

by